NEW TUTORIAL Render Exterior V-ray dengan 3DS Max [Bahasa Indonesia]

Hai semua,

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat "Photo Realistic" dengan 3DS Max tentunya dengan plugn-in V-Ray.
Jika Pembaca mengikuti cara cara dibawah ini, saya yakin, pasti langsung bisa menerapkannya
OK, kita mulai saja TUTORIAL ini.
mingkin ini adalah artiket terpanjang yang ada di blog ini, karena aku akan menjelaskan semua yang aku tahu.

1. Setting V-Ray
Frame buffer diaktifkan
- Global switches tidak usah di rubah
- Image sampler gunakan Adaptive DMC, dan Antialiasing nya Mitchell-Netravali
- Color mapping gunakan Reinhard, gunakan Gamma 2.2 dan check Clamp output dan Sub-pixel mapping
- GI (Global illumination) aktifkan dan gunakan Primary bounce nya irradiance map. Untuk Secondary bouncesnya gunakan light cache
-Irradiance map present: Low, dan check show calc. phase
-Light cache subdivs: 500 saja (biar tidak terlalu berat) check lagi show calc. phase
-Setting, atur saja Uncheck Vray log dan ubah render region jadi 32 atau 16. (default 64)

2. Setting Enviroment [Pengaturan Cahaya]
- Masuk pengaturan environment dengan menekan '8' pada keyboard
-Environment map, pilih saja 'VRayHDRI' dan klik OK
-Setelah itu buka material editor dengan menekan tumbol 'M' pada keyboard  jangan tutup Environment nya ya..?
-Lalu drag Environment mapnya ke salah satu slot material, pilih instane
-Pilih Bitmap nya, bisa menggunakan HRD image, bisa Jpg dan ok untuk mengakhiri perintah
-Mapping type silahkan di ubah sesuai selera agar gambar yang sudah di pilih tidak terlihat aneh
-Setelah ini buka pengaturan render dengan menekan 'F10'
-Arahkan ke VRay:Environment dan check GI (skaylight) dan Reflection/Refaction
-Lalu dari Window Material, Drag and Drop Material VRayHDRI ke GI (Skylight) dan  Reflection/Refaction

========================================================================
OK.... Pengaturan render di sini sudah ok.
Silahkan buat Vray Physical Camera, dan render file anda.
NOTE: Jika hasil render terlalu gelap, ikuti cara di bawah ini ya..

3. EXTRA Pengaturan VrayHDRImage
-Processing , di Overall mult dan Render mult coba di naikan jadi 10 (Default 1)

========================================================================
Untuk sekarang hasil render sudah terlihat lebih berbentuk tapi masalahnya adalah
TIDAK ADA BAYANGAN....!!

Tidak usah susah susah,silahkan ikuti langkah di bawah ini

4. Pengaturan Cahaya
-Pilih VrayLight dan KLIK 1 x (Tidak usah di geser , cukup 1 KLIK saja) di tempatkan sebagai matahari alias di atas ya,,
-Masuk ke Modify karena kita akan mengatur parameter dari VRayLight yang telah kira buat tadi
-Type : Sphere
-Mode: Color silahkan saja pilih cahaya yang anda sukai, mau dayligh atau afternoon
-Check No decay ya, biar lebih strong untuk menimbulkan bayangan
-Silahkan ubah radius jadi 100cm / 1m atau sesuai selera anda. semakin kecil radiusnya maka bayangan semakin gelap

===========================================================
OK silahkan render lagi file anda.
Kalau kurang sempurna silahkan di ubah ubah sendiri di parameter lightnya yang kita jadikan matahari. atau di pengaturan vray physical cameranya

===========================================================

Gambar akan saya update di artikel ini segera.

2 comments: